Biro dan Komunitas

  26 Aug 2016


1. Biro

a. Digit


DIGIT adalah biro yang pertama berdiri dan berada dibawah HMIF Undip. Dengan visi yang sangat mulia yaitu mem-booming-kan nama DIGIT dan menjadikan kader - kader DIGIT memiliki kekuatan aqidah, ilmu akhlaq, professional, ruhulistijabah.

Pengurus

Mas'ul : Rizal Muhammad

Wakil Ketua : M. Afifudin Luthfi

Sekretaris : Mayang Arta Mahesi

Bendahara : Anggit Gusti Nugrahaeni

Departemen Syiar :

  1. Johan Eko Purnomo
  2. M. Chirzul Maula
  3. Syahrul Amrie
  4. Farid Mahmud Rohmatullah
  5. Andi Apriliyanto
  6. Reza Andika

Departemen Kaderisasi :

  1. Garfianto Dwi Cahyadi
  2. Fauzanil Zaki
  3. Lutfhi Ahmad Nasher
  4. Diego Caesar Nugroho
  5. Barrick Muhammad Dziellan
  6. Adam Reyner
  7. Ahmad Yusuf Arifin

Departemen Ekonomi :

  1. Harum Mu’alimus Shidiqi
  2. Hafidh Aulia Wirandi
  3. Ilham Habibullah Akbar
  4. Dwi Santoso

Departemen An-Nisa : 

  1. Miftakhul Jannah
  2. Aisyah Ninditha
  3. Nisa Ulfa Saida
  4. Devia Meliana Indarasari
  5. Inna Alvi Nikmatun
  6. Cyntia Anjeli Sujanti
  7. Saidah Aldilah
  8. Asa Ustatun Nada
  9. Ahkada Mutiara N.
  10. Sukmawati

 

b. IfThen


IfThen adalah perkumpulan pecinta alam Indonesia bagi mahasiswa dan mahasiswi Informatika Universitas Diponegoro guna menyalurkan aspirasi, bakat, minat dan kecintaannya terhadap alam dan kelestarian lingkungan hidup. Dengan menekankan secara bahasa IfThen berasal dari kata "IF” dan “Then” yang merupakan syntax dalam pemrograman. IfThen merupakan akronim (singkatan) dari "Informatics for The Nature".

Pengurus :

Kepala : Diego Caesar Nugroho

Sekretaris : Aninda Khamami

Divisi Keuangan : Annisa Charisma

Divisi Pelatihan : Pande Wisnu

Divisi Logistik : Tri Eko Susilo

Divisi Kaderisasi : Cahya Permana

 


2. Komunitas

a. OS.NET

                Kepanjangan dari OS.NET adalah Open Source and Networking. OS.NET merrupakan salah satu komunitas di jurusan Informatika yang mempelajari tentang LAN, switch, routing, ping, dll. Bukan hanya itu, kita juga akan diajari bagaimana cara menggunakan mikrotik, mensetting hotspot, memasang kabel LAN, dan masih banyak lagi. Dengan mengikuti komunitas ini kita dapat mengetahui lebih banyak tentang open source dan jaringan.

b. DEWE

                DEWE adalah singkatan dari Debbie Webbie. DEWE merupakan salah satu komunitas di Informatika yang mempelajari tentang desain dan pengorganisasian database. Disini kita akan diajari tentang konsep-konsep pemrograman yang dapat dipraktekkan langsung dengan menggunakan konsep paradigm procedural. Selain itu kita juga akan belajar tentang website.

c. IBC

                IBC, Informatic Blogger Community. Mendengar kata Blogger maka semua orang langsung tahu kalau ini berhubungan dengan blog. Bagi mahasiswa yang suka ngeblog bisa ikut komunitas ini, disini kita akan diberi tips dan trik untuk ngeblog. Banyak manfaat yang akan kita dapat dengan ngeblog, salah satunya sebagai sarana untuk berkreasi, misalnya menulis, fotografi, dll. Kalian bisa share dan menunjukkan kepada dunia hasil karya kalian.

d. INPHYNITY

                Merupakan singkatan dari Informatics Photography Community. INPHYNITY adalah komunitas yang dibuat bagi mahasiswa yang suka foto memfoto, bagi mahasiswa yang berminat bisa ikut komunitas ini. Disini tidak harus punya kamera, cukup datang ke pertemuan rutinnya, kakak-kakaknya pasti bantu. Untuk jadi fotografer handal butuh proses, salah satunya latihan. Di INPHYNITY sesekali mengadakan hunting foto mencari inspirasi untuk menciptakan foto yang bagus.

e. ATI

                Kepanjangannya yaitu Art and Technology Independent, merupakan komunitas tentang desain grafis. Bagi mahasiswa Informatika yang suka dengan desain-mendesain bisa ikut dalam komunitas ini, disini kita akan belajar bersama teknik-teknik mendesain dengan aplikasi CorelDraw atau Adobe Photoshop.

Galeri ATI ada di http://hm.if.undip.ac.id/ATI

 




Afiliasi Lembaga

Profil HMIF

Lembaga FSM

Download Corner