Minggu, 24 September 2017
Matkul

GRAFIKA DAN KOMPUTASI VISUAL

AIK21344 - 3 sks - Ada Link Rusak?


ModulDatabase Soal dan Pembahasan
Database Soal
Kumpulan soal UTS dan UAS Jaringan Komputer Grafika dan Komputasi Visual
27 Maret 2016 :
Penambahan soal UAS 2014/2015
Database Pembahasan
Kumpulan Pembahasan GKV
PEMBAHASAN UTS GRAFIKA DAN KOMPUTASI VISUAL 2013-2014
PEMBAHASAN UAS GRAFIKA DAN KOMPUTASI VISUAL 2013-2014
PEMBAHASAN UTS GKV 2014-2015
Pembahasan UTS GKV 2016-2017
Modul Kuliah
Textbook Computer Graphics with OpenGL (3rd Edition) karangan Donald D. Hearn dan M. Pauline Baker.
Modul Pre-UTS
Penggambaran bentuk geometri sederhana (garis dan lingkaran, penggambaran garis dengan algoritma DDA, Bresenham, penggambaran lingkaran dengan algoritma mid-point, Character generation
Transformasi 2D, transformasi dengan matriks, translasi, rotasi, scaling, combining transformations, koordinat homogen dan representasi matriksnya, matriks komposit, other transformation: reflection dan shearing.
Clipping 2D, algoritma Algoritma Cohen-Sutherland, menentukan titik potong
Ringkasan singkat materi GKV sebelum UTS
Oleh Reza Ardiansyah (IF 2011)
Modul Pasca-UTS
Kontrak kuliah, materi, komponen penilaian, metode pembelajaran
3D concepts, 3D display methods, pemodelan objek 3D
Sistem pemodelan objek 3D, sistem koordinat kartesius, sistem koordinat spheris, hubungan kedua sistem koordinat
Representasi 3D, polygon, plane polygon, polygon meshes, quadratic surfaces, sphere, ellipsoid, torus, superquadratic, superellipse, superellipsoid
Blobby object, spline representation, kurva bezier, bezier surface
Anatomi benda 3D, membuat benda 3D, surface of revolution, parametic surface (bola, bidang datar)
Koordinat Homogeneous Titik 3D, translasi 3D, penskalaan, rotasi (sumbu x, y, z), Transformasi Gabungan dengan Transformasi Homogen
Rotasi Terhadap Garis yang Sejajar dengan Sumbu Koordinat, Rotasi Terhadap Sumbu Sembarang, nilai sudut, Penskalaan menggunakan sebarang titik pusat
Proyeksi (planar, parallel, orthographics, axonometric, oblique, cavalier, perspektif), kamera sintetik, cara kerja kamera, komponen kamera sintetik, sistem koordinat kamera sintetik, fungsi sumbu, Memindahkan titik koordinat dunia ke koordinat kamera sintetik, Proyeksi perspektif Q ke T(u*,v*)
Pencahayaan, warna, bagian mata, gangguan mata, karakteristik cahaya, representasi warna (model RGB, CMY[K] dan HSV), model pencahayaan, ray-tracing, radiocity, Sifat materi penyusun benda, pantulan cahaya, pantulan diffuse, pantulan specular, model sumber cahaya (ambient light, point light)
Animasi, sejarah animasi, teknik animasi (rotascoping, keyframing), linear dan nonlinear interpolation, easing, Teknik dalam Inbetweening, motion capture, animasi dengan menggerakkan citra, animasi bit topeng, animasi dengan pengubahan palet, animasi dengan permainan halaman
Premium Tutorial
Loading...
DMW - ASK
Stuck dalam pemecahan masalah pada pemrograman kamu? Sekarang kamu bisa saling tanya-jawab di halaman baru kami. TANYA DISINI
Info Lomba dan Kompetisi
Closed: 29 September 2017
Dapatkan info lengkap tentang lomba dan kompetensi yang mendatang, lihat halaman CSI Corner atau join group Facebook CSI [Creativity and Support for Informatics]