URL (Uniform Resource Locator, dahulu disebut Universal Resource Locator) – adalah alamat unik sebuah file yang dapat diakses di Internet. Secara umum untuk mendapatkan website adalah memasukkan file URL di baris alamat web browser.

URL adalah sebuah sistem pemberian nama pada alamat situs web (web site).

Alamat URL adalah alamat halaman web (web page) tertentu. Misalnya, alamat URL untuk situs jaringan Komputer http://www.hm.if.undip.ac.id/

Sejarah URL

Dari awal sejarah internet hingga saat ini perkembangannya semakin pesat. Layanan yang diberikan Internet sudah sangat bervariasi, tidak hanya berupa akses ke halaman web yang ditulis dalam format HTML saja namun juga beberapa layanan akses dokumen melalui FTP, Gopher, Usenet News dll. Oleh Karena layanan yang tersedia sangat beragam maka jenis dokumen yang disediakan sangat beragam pula. Oleh sebab itu diperlukan suattu cara untuk bisa mengakses suatu dokumen tertentu tersebut secara tepat dan cepat. URL diciptakan untuk menjawab permasalahan ini.

URL adalah temuan inovatif sepanjang sejarah Internet. menurut sejarah URL, pertama kali diciptakan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991 agar para penulis dokumen dapat mereferensikan pranala ke World Wide Web. Sejak tahun 1994, konsep URL diperkembangkan dan diistilahkan Uniform Resource Identifier (URI) agar lebih umum sifatnya. meskipun begitu, istilah URL masih tetap dipergunakan secara luas.

Cara Kerja URL

Sistem Penamaan URL

URL berisi nama protokol yang akan digunakan untuk mengakses sumber daya file, URL terdiri sebuah nama domain yang mengidentifikasi komputer tertentu di Internet, dan pathname, sebuah deskripsi secara hirarkis yang menentukan lokasi dari sebuah file di komputer itu.

contoh dari URL Pada Web yang menggunakan HTTP (Hypertext Transfer Protocol) adalah:

http://hm.if.undip.ac.id/pojokdiklat/dmw/

Bag 1. adalah http:

http menunjukkan protokol yang digunakan untuk pengaksesan dokumen yang diinginkan. Protokol ini fungsinya adalah mengatur komunikasi antara komputer client (yang dipakai saat ini) dengan server komputer (web server). Pada contoh ini digunakan protokol HTTP (HyperText Transfer Protocol).

Bag 2. adalah //hm.if.undip.ac.id/

Pada bagian ini menunjukkan lokasi mesin penyedia dokumen yang diperlukan.

Bag. 3 adalah /pojokdiklat/dmw/

Bagian ini menunjukkan nama jalur secara hirarkis (Logical pathname) di www.hm.if.undip.ac.id yaitu letak dokumen itu berada. Logical pathname "/pojokdiklat/dmw/” adalah nama file/dokumen yang akan kita akses.

URL Dinamis Vs URL Statis

URL adalah hasil dari pencarian sebuah situs web database-driven atau URL dari sebuah situs Web yang menjalankan script. URL adalah hasil dari pencarian dari database dari suatu website atau URL website yang menjalankan script. Berbeda dengan URL statis, di mana isi dari halaman Web tidak berubah kecuali perubahan kode ke dalam HTML, URL dinamis dihasilkan dari queriy spesifik ke situs. database Halaman ini hanyalah sebuah template untuk menampilkan hasil dari query. Sebagian besar isi berasal dari database yang berhubungan dengan situs. Bukannya mengubah informasi dalam kode HTML tapi data diubah dalam database.

Kesimpulannya adalah, Rangkaian karakter menurut format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber file misalnya : dokumen dan gambar, program di Internet disebut dengan URL.

 

Versi Video

sumber: JaringanKomputer

Bingung tentang sourcecode atau pemrograman yang ingin dipelajari? TANYA DI SINI
Bingung cari modul, soal, pembahasan mata kuliah? CARI DI SINI