Hai warga Informatika~ 
Kali ini WebTutor akan membahas mengenai cache. Buat yang sering buka buka web browser pasti sering tuh denger kata 'cache'. Terus, udah tau apa itu cache? fungsinya? bentuknya? Yuk kita kupas lebih dalam soal cache ini~

Pertama, dari apa itu cache sendiri. 

Cache adalah sebuah memory, yang berukuran kecil, memiliki sifat temporary/ sementara. Meskipun ukuran memorynya sangatlah kecil, cache memiliki kecepatan yang sangat tinggi. Kalau dalam terminologi hardware, istilah cache itu merujuk pada memory berkecepatan tinggi yang menjembatani aliran data antara processor dengan memory utama laptop kita atau biasanya disebut RAM(Random Access Memory) yang seringnya, kecepatannya lebih rendah dari cache itu sendiri. Kalau di terminologi software, cache merujuk pada temporary storage/ media penyimpanan sementara untuk file-file yang sering di akses.

Yang kedua, fungsi cache.

Cache mempunyai fungsi untuk menyimpan data atau instruksi yang digunakan oleh processor. Gampangnya, cache digunakan agar bisa mempercepat akses data dari komputer, karena cache menyimpan data/informasi yang sering digunakan oleh komputer, sehingga meringankan kerja processor. Selain itu, juga meminimalisir terjadinya bottleneck dalam aliran data antara processor dan RAM (yang udah ambil MatKul Sistem Operasi, pasti udah denger soal bottleneck kan?).

Yang ketiga, dimana letak cache.

Lokasi cache di pc/ laptop, ada yang di Browser, ada juga yang di Windows.

Yang keempat, apakah cache perlu dihapus?

Secara fungsinya, cache dibuat untuk mempercepat akses ketika membuka program yang sering diakses pengguna. Sehingga, ketika menghapus cache, bisa saja komputer kita akan menjadi lebih lambat. Nah, apakah perlu? Sarannya, lebih baik hapus cache setidaknya seminggu sekali, jika, komputernya sering digunakan. Jika komputer jarang digunakan, jangan rutin menghapus cache, cukup sebulan sekali saja menghapus cache-nya.

 

Sekarang tutorial menghapus cache di browser Chrome:

  • Klik pada menu "Customise and control Google Chrome"

  • Sorot pada menu tools

  • Pilih "Clear browsing data"

  • Kemudian akan muncul pop up menu yang menampilkan beberapa pilihan data yang akan dihapus, untuk menghapus cache, pilih yang "Cached images and files"

  • Di bagian atas, ada menu yang akan menentukan durasi data yang dihapus, bisa 1 jam yang lalu, 1 hari yang lalu, dan bisa dari awal Chrome di install.

  • Untuk menghapus data, klik pada "Clear browsing data"

 

 

.:(Source1|Source2):.

Bingung tentang sourcecode atau pemrograman yang ingin dipelajari? TANYA DI SINI
Bingung cari modul, soal, pembahasan mata kuliah? CARI DI SINI