Nah yang pertama ini akan saya kasih tutorial cara membuat validasi data. Validasi data itu apa sih ? Saya juga gak terlalu paham pengertianya, tapi yang jelas ini buat ngasih peringatan kalo kita masukin datanya keluar dari batasan yang sudah diberikan atau bahasa kerennya sih datanya keluar dari range yang ditentukan. Nah gak usah lama-lama, langsung aja kita mulai tutorialnya.

1. Buka Ms. Excel

2. Ketiklah seperti gambar dibawah ini, nama sama sekolah isi sesukamu aja sobat, tapi kolom umur jangan diisi dulu ya.Atau mungkin sobat mau buat pake tabel sobat sendiri juga boleh.(Ini hanya fiktif belaka)

3. Lalu blok kolom umur.

4. Klik menu Data ==> Data Validation

5. Lalu atur seperti gambar dibawah ini. A itu nunjukin batas bawah rangenya, sedangkan kalo B itu nunjukin batas atas rangenya.

6. Lalu pindah ke Tab Input Message. Nah data atau tulisan pada tab title dan Input message ini, adalah yang akan keluar kalo kita klik sel yang telah kita blok.

7. Lalu isi kaya  dibawah ini, tapi title sama input messagenya diganti juga gak papa, sobat.

8. Nah pindah lagi ke Tab Error Alert. Lalu pilih stylenya kaya dibawah ini. Data di Tab ini akan nongol kalo kita masukkin datanya diluar range yang udah kita tentuin tadi.

9. Setelah itu isi kaya dibawah ini, atau terserah sobat. Lalu klik OK

10. Lalu coba tes kalo ngisi umurnya keluar dari range maka akan muncul kaya gini.

Mungkin itu tutorial yang bisa saya kasih buat sobat semua. Sampai jumpa di tutorial lain. Jangan lupa baca tutorial lain di webtutor HMIF Undip yaaaa.

 

Sumber : Blogger Pemalang

 

Bingung tentang sourcecode atau pemrograman yang ingin dipelajari? TANYA DI SINI
Bingung cari modul, soal, pembahasan mata kuliah? CARI DI SINI