Dari Mana Datangnya Ide?

  13 Oct 2014

Ide

#1. Lingkungan Sekitar.
Rumah, kampus, tempat gaul, tempat nongkrong, di mana saja kamu berada. Siapa tahu tiba-tiba ada gagasan membuat aplikasi Ojekers yang memuat profil, nomor kontak, dan peta pangkalan ojek di kotamu? Atau media sosial yang spesifik tentang kota dan aktivitas warga di kotamu?

#2. Tingkah Laku Manusia
Perilaku manusia ada seribu satu macam. Ambil contoh satu hal saja, soal kebiasaan susah tidur bisa jadi inspirasi. Siapa tahu jadi aplikasi NinaBobo yang memuat berbagai aspek membantu orang untuk tidur dengan smartphone. Atau kebiasaan ibu-ibu yang kerap tak bisa mengontrol belanjaan bulanan. KAmu lalu bikin aplikasi daftar belanja dan harga lengkap, sehingga ibu RT bisa lebih bijak belanja.

#3. Produktivitas Manusia
Katakan kamu mahasiswa pertanian, lalu terpikir untuk meningkatkan produktivitas para petani, Anda berikan aplikasi informasi, dan statistik harga jual, dan fitur-fitur lain yang membuat mereka dapat banyak informasi. Mungkin juga dilengkapi media sosial di antara sesama para petani dan jaringannya.

#4. Anak-anak dan Pendidikan
Betapa anak-anak kini jadi korban industri game. Kalau begitu mengapa tak Anda ciptakan saja semacam timer untuk yang dipasangkan di smartphone atau tablet sehingga ketika mereka bermain tetap dibatasi oleh waktu. Pendidikan anak juga sangat impresif untuk dikembangkan dalam format digital yang interaktif. Misalnya soal-soal ujian yang memberikan point reward buat pengguna.

#5. Ide Sebelumnya
Ya, terinspirasi dari ide yang sudah ada lalu kamu kembangkan menjadi aplikasi yang mendukung ide tersebut. Misalnya soal pariwisata, yang kamu temukan kekurangannya. Lalu, kamu buat aplikasi baru yang mendukungnya.

#6. Keterkenalan
Gunakan keterkenalan atas seseorang untuk membuat aplikasi. Misalnya kondangnya JKT48, dan setelah kamu browsing ternyata belum ada aplikasi resminya, mengapa tak coba kamu buat. Cari menu yang dibutuhkan. Siapa tahu malah dibeli oleh artis atau selebritis yang kamu buatkan aplikasinya.

 

(Sumber: IWIC Indosat)

 




Afiliasi Lembaga

Profil HMIF

Lembaga FSM

Download Corner