ELSA (End of LIfe Service)

  17 Jul 2017

ELSA si Pembersih Luar Angkasa

Kita semua tahu bahwa di dekade ini manusia sedang gencar – gencarnya melakukan misi luar angkasa. Namun kita juga tahu setiap misi luar angkasa akan meninggalkan sampah luar angkasa yang banyak sekali.

Berlatar belakang masalah tersebut sebuah perusahaan basis di Singapura bernama Atrocale menciptakan satelit khusus yang berfungsi untuk membersihkan sampah. Satelit ini diberi nama End of Life Service (ELSA). ELSA bekerja dengan satelit pembantu yakni satelit mini untuk menggambarkan peta orbit sampah antariksa sedangkan satelit ELSA sendiri yang berfungsi untuk menyedot sampah. Secara konsep ELSA akan dilengkapi dengan magnet yang akan menarik sampah sampah luar angkasa kemudian akan di hempaskan ke atmosfir bumi agar terbakar. Nantinya direncanakan akan dibentuk pasukan kebersihan luar angkasa yang bernama Space Sweepers (mirip pasukan oranye dijakarta lah hehe) yang bertugas untuk mengembangkan teknologi ELSA dan mengendalikan ELSA.

Dalam pengerjaan proyek ini Astrocale bekerja sama dengan NASA dan ESA. Sebelumnya NASA dan ESA sudah mempelajari mengenai sampah luar angkasa ini namun mereka belum memiliki teknologi khusus untuk menyapu sampah seperti mendekati sampah, menangkap dan membawa keluar sampah dari orbitnya. ESA memperkirakan bahwa benda mati di antariksa mengorbit dengan kecepatan 8 kilometer per detik, 10 kali dari kecepatan sebuah peluru. Elsa dilengkapi dengan kamera sensor yang bisa mengukur jarak satelit dengan sampah. Dengan menggunakan sensor dan kamera saat ini, menentukan lokasi agar mudah untuk ditangkap. Saai ini belum ada hukum yang mengatur mengenai benda mati di luar angkasa yang sudah tidak beroperasi.  Kebanyakan benda yang sudah tidak beroperasi dibiarkan begitu saja. Semoga ELSA dapat membantu menjaga lingkungan alam semesta bukan hanya kerusakan di bumi yang dipikirkan melainkan yang diluar juga perlu dipikirkan.

 

Sumber : https://www.kaskus.co.id/thread/5961aa55dbd770a2468b456f/elsa-si-pembersih-luar-angkasa/

 

 




Afiliasi Lembaga

Profil HMIF

Lembaga FSM

Download Corner