Family Hub, Kulkas Canggih Bisa Apa Sih?

  10 Feb 2018

Hallo Informatics! Samsung Electronics pada tahun 2018 ini memfokuskan diri pada pemanfaatan teknologi artificial intelligence (AI) dan Internet of Things (IoT) pada produk elektronik rumahan dan televisi.

"Kami fokus merancang dan mengantar teknologi dan solusi terbaik yang memudahkan keseharian konsumen dan semakin baik," Steve Lee, President and CEO Samsung Electronics, Southeast Asia and Oceania di atas panggung Samsung Forum 2018 di Roma, Italia, Kamis (8/2/2018).

Samsung memamerkan sejumlah produk yang disematkan teknologi AI dan IoT pada forum tahunan tersebut. Salah satu produk berbasis dua teknologi tadi adalah kulkas pintar bernama Family Hub.

Lemari pendingin Samsung ini sebenarnya bukanlah barang baru. Sebelumnya, Samsung telah meluncurkan produk yang sama pada 2017.

Family Hub versi 2018 ini tak mengusung perubahan yang radikal dari desain, tetapi Samsung membuatnya bisa diajak bicara dan diperintah dengan suara. Semuanya berkat teknologi Bixby yang bekerja berbasis teknologi AI.

Menyandang nama Family Hub, kulkas ini menjadi pusat komunikasi anggota keluarga dan perangkat di rumah. Family Hub bisa diperintah dengan suara lewat Bixby untuk menyalakan lampu, pendingin ruangan, serta mengecek stok dan masa berlaku makanan yang ada di dalam kulkas.

Bahkan, kulkas empat pintu ini bisa merancang menu yang bisa dimasak sesuai stok dan jenis makanan yang ada di dalam kulkas. Isi kulkas pun bisa diintip tanpa perlu membuka pintunya.

Jadwal rapat, pelajaran dan ekstra kurikuler anak, catatan harian, dan lainnya bisa ditampilkan di layar depan kulkas. Family Hub memang dibekali layar sentuh berukuran 21,5 inci, lebih dari cukup untuk menampilkan sejumlah informasi.

Dari layar kulkas, sang ibu, misalnya, bisa mengawasi aktivitas anaknya yang sedang berada di kamar. Kamera yang terdapat di kamar anak dan ruangan lain pun bisa diamati dari layar kulkas itu.

Layar tersebut bahkan dijanjikan bisa mengkloning (mirroring) tampilan dari televisi pintar dan smartphone bermerek Samsung.

Fitur menarik lain, kulkas ini bisa memutar lagu-lagu favorit dari koleksi Spotify. Sebagai pendukung, terdapat speaker AKG yang diklaim bisa menghasilkan suara yang jernih dan bass yang "nendang".

Berkat Bixby, kulkas Family Hub versi terbaru ini menjadi lebih mudah dioperasikan karena bisa diperintah melalui suara. Versi sebelumnya, semua komando diinput melalui layar sentuh kulkas.

Dengan adanya Bixby, kulkas ini juga membawa seluruh kemampuan asisten digital Samsung. Mulai dari menampilkan cuaca, membacakan berita, hingga menjawab pertanyaan yang diajukan anggota keluarga.

 

Sumber : http://tekno.kompas.com/

Klinik Komputer

Copyright © HMIF Universitas Diponegoro - 2018

Sekretariat : Gedung E Lantai 3, Fakultas Sains dan Matematika - Universitas Diponegoro, Semarang

hm@if.undip.ac.id | /InformatikaUndip

HMIF_Undip | @rrj9255d | HMIF_Undip

Contact Person : 0856 400 2189 (Hermawan Adi P.) - 0878 303 2778 (Zulfikar Aulia F.)

Afiliasi Lembaga

Profil HMIF

Lembaga FSM

Download Corner