Ide Bisnis untuk Mahasiswa dengan Modal Tidak Seberapa

  10 Feb 2018

Hallo Informatics! Di era digital seperti sekarang ini, ada banyak sekali bidang bisnis dari mulai bisnis offline maupun online, anda bisa mencari segala macam informasi dari internet. So, tidak ada alasan lagi untuk masih berpikir "kira kira bisnis apa ya"? Berbicara soal bisnis, tentu saja saat ini bisnis online menjadi primadona bagi kebanyakan orang.

Bagaimana tidak? Saat ini hampir semua orang dari berbagai umur baik itu anak kecil sampai orang dewasa punya smartphone, aktif di dunia internet dan sosial media, tentu ini menjadi peluang besar untuk mengeruk sumber penghasilan dari sini (internet). Khususnya untuk mahasiswa, 5 ide bisnis online dibawah ini patut dicoba karena modalnya tidaklah seberapa, tapi benar benar profitable. penasaran?Simak ulasannya berikut ini:

1. Suka Nulis? Jangan Cuma Update Status Di Sosial Media Aja, Jadi Content Writter!

Bisa di bilang bisnis ini justru tanpa modal, karena yang diperlukan sebuah laptop atau komputer plus internet saja. Ya, ini merupakan bisnis content writter. kamu bisa menjadi penulis di website-website berita seperti jalantikus.com, media babe, UC News dan masih banyak lagi. Web-web tersebut menerima jasa anda sebagai penulis freelance, dan bayarannya pun tidak main main, contoh saja di jalantikus, 1 artikel bisa dibayar sampai 50 Ribu.

Kalau kamu sudah mulai tekun jadi content writer atau penulis, upgrade dengan kamu menawarkan jasa kamu ke perusahaan-perusahaan yang bergerak di bisnis online, mereka pasti butuh seorang content writter. Bahkan anda bisa membangun kerajaan penulis anda sendiri nantinya apabila anda sudah sukses.

2. Menjual Produk dengan Memanfaatkan Sosial Media

Terkadang alasan seseorang tidak mau menjual sebuah produk di sosial media adalah karena "malu". Malu nanti ditanya teman-temannya, eh kamu jualan produk ini ya, itu ya dan lain sebagainya. Belum lagi kalau kamu update status jualan tapi tidak ada yang respon seperti likes dan komen, pasti kamu akan merasa malu. Tapi kalau kamu mau benar-benar sukses di bisnis online.

Kamu tidak boleh merasa malu dengan hal-hal seperti itu. sangat menjanjikan lho menjual produk dari mulai produk kecantikan, aksesoris smartphone dan lainnya lewat sosial media seperti Facebook maupun Instagram? Hal ini terbukti kian maraknya brand produk yang berbasis sosial media terutama di Instagram dan Facebook. Tapi bukan hanya fb dan ig saja, kamu juga bisa promosi lewat sosial media lain seperti Whatsapp, BBM, Line dan sosial media yang terkenal lainnya.

3. Membuat Blog atau Website

Kamu bisa menghasilkann penghasilan dari website atau blog kamu. Di luar sana, ada banyak sekali orang yang menghasilkan puluhan bahkan ratusan juta per bulan dari blog. Sayangnya itu tidaklah instant, tentu kamu harus melalui berbagai macam proses terlebih dahulu, sama halnya seperti bisnis offline. Kamu bisa menguangkan website kamu dari iklan seperti google adsense, menjual produk sendiri dan masih banyak lagi.

4. Kalau Kamu Suka Desain Grafis, Cobain Deh Jual Karya Karyamu di Internet

Satu lagi ide bisnis online untuk mahasiswa yang tak kalah profitable adalah di bidang desain grafis. Perlu kamu tahu, harga setiap desain gambar itu di hargai sangat mahal terutama di forum atau pasaran luar negeri, banyak sekali orang yang sukses dengan bisnis jasa desain ini. Kamu bisa menjual hasil karya desainmu di 99designs, dan lain sebagainya. Kalau kamu pemula, bisa tuh kamu promosi ke teman-temanmu dulu, bukalah jasa desain misalnya edit foto? Dan lain-lain, nantinya kamu bakal berkembang lagi.

5. Menghasilkan Uang dari Online atau Internet dengan Youtube

Kalau kamu suka streaming video di Youtube, pasti pernah dong lihat iklan melayang saat video diputar? Yah, itu adalah sumber penghasilan mereka (youtuber), ini juga merupakan ide bisnis online tanpa modal untuk kamu para mahasiswa. Buatlah video yang bagus dan upload ke Youtube, kalau viewers dan subscriber channel Youtube kamu banyak, kamu bisa memulai memasang iklan di video Youtube kamu dengan join program google adsense for youtube.

 

Sumber : https://www.hipwee.com/

Klinik Komputer

Copyright © HMIF Universitas Diponegoro - 2018

Sekretariat : Gedung E Lantai 3, Fakultas Sains dan Matematika - Universitas Diponegoro, Semarang

hm@if.undip.ac.id | /InformatikaUndip

HMIF_Undip | @rrj9255d | HMIF_Undip

Contact Person : 0856 400 2189 (Hermawan Adi P.) - 0878 303 2778 (Zulfikar Aulia F.)

Afiliasi Lembaga

Profil HMIF

Lembaga FSM

Download Corner