Merubah Gaya Hidup Dapat Menekan Pemanasan Global

  12 Jul 2017

Pemanasan global merupakan isu yang telah lama ada dan dibahas. Hingga saat ini banyak upaya yang dilakukan untuk menangani permasalahan ini. Sebenarnya upaya penekanan terhadap pemanasan global seharusnya menjadi tanggungjawab bersama, bukan sekedar pemerintah dan industri saja.

Menurut riset yang dipublikasikan oleh Environmental Research Letters University di Swedia dan University of British  menganalisa 39 studi dan laporan pemerintah mengenai gaya hidup yang paling baik untuk membantu menekan pemanasan global. Ada beberapa hal yang dianggap dapat membantu mengurangi emisi karbon sebagai penyebab pemanasan global diantaranya:

  1. Mengurangi penggunaan kendaraan bermotor, hal ini sudah pasti karena emisi yang dihasilkan kendaraan bermotor akan berkurang
  2. Mengurangi jumlah keturunan, hal ini dikarenakan dengan mengurangi 1 keturunan, maka akan menghemat emisi karbondioksida sebanyak 58,6 ton (tCO2e) per tahun lebih banyak dibandingkan dengan mengurangi penggunaan sebuah mobil yang hanya 2,4 tCO2e per tahun. Jadi yuk kurang kurangin bikin anaknya hehe J.
  3. Menjadi vegetarian, hal ini akan menghemat 1,15 tCO2e, lebih banyak dibandingkan dengan mendaur ulang
  4. Daur ulang mengurangi 0,21 tCO2e

Dari beberapa rincian diatas ternyata gaya hidup yang kita anggap sepele memiliki pengaruh lebih banyak dibanding hal – hal yang umumnya orang lakukan. Jadi mulai dari sekarang peduli lingkungan dengan merubah pola hidup pribadi.

 

Sumber : http://sains.kompas.com/read/2017/07/12/171859323/bukan.daur.ulang.inilah.8.pilihan.hidup.terbaik.untuk.bumi

 




Afiliasi Lembaga

Profil HMIF

Lembaga FSM

Download Corner