Nimbus Data ExaDrive DC100 Menjadi SDD Terbesar di Dunia dengan Kapasitas 100TB

  17 Sept 2018

Kita semua sudah biasa melihat hard disk berkapasitas 500GB, 1TB, bahkan 2 TB. Nah, gimana kalau sekarang kapasitasnya 100TB, dan itu SSD?

Rekor dunia untuk SSD dengan kapasitas terbesar kini berada pada kapasitas 100TB dan Nimbus Data ExaDrive DC100 adalah pemegang rekor tersebut, setidaknya untuk saat ini. SSD ini masih dalam tahan uji coba dengan memilih beberapa pelanggan terpilih untuk mencoba SSD ini sebelum tersedia untuk pembelian pada pertengahan tahun ini.

Menurut perusahaan, SSD ExaDrive DC100 ini akan menggunakan memori flash NAND 3D, yang dapat digunakan untuk menyimpan 20.000 film HD, 20 juta lagu, dan memiliki kecepatan baca dan tulis hingga 500MBps. SSD ini memang tidak mengutamakan kecepatan, melainkan lebih ke efisiensi. Bahkan daya yang diperlukan juga efisien (0,1W / TB). Nimbus mengatakan bahwa pusat data dapat mengurangi konsumsi listrik, pendinginan dan ruang rak hingga 85%, dibandingkan dengan SSD besar lainnya. Bahkan Nimbus memperkirakan bahwa total biaya selama periode 5 tahun akan menjadi 42% lebih sedikit per terabyte dibandingkan dengan drive besar lainnya. Nimbus Data juga menjamin sepenuhnya drive selama lima tahun tanpa batasan, yang berarti jika selama periode tersebut SSD Anda mengalami kerusakan akan diganti dengan yang baru. Kita semua tahu bahwa harga SSD memang sangat mahal jika dibandingkan dengan HDD, jadi tidak mengherankan jika SSD sebesar ini tidak akan ditargetkan untuk konsumen umum. Namun setidaknya perusahaan memberikan gambaran bahwa di masa depan ada kemungkinan kita memiliki ruang penyimpanan yang cepat dengan kapasitas super besar.

Sumber : https://www.beritateknologi.com/nimbus-data-exadrive-dc100-menjadi-sdd-terbesar-di-dunia-dengan-kapasitas-100tb

Klinik Komputer

Afiliasi Lembaga

Profil HMIF

Lembaga FSM

Download Corner