Samsung Galaxy S9 Sebuah Pembaharuan Kamera dengan Body yang Familiar

  26 Feb 2018

Tahun lalu, Samsung mengeluarkan varian Galaxy S8, yang merupakan salah satu perangkat terbaik di tahun 2017 dan salah satu produk terbaik yang pernah dibuat Samsung. Jadi, tidak banyak kejutan dari Galaxy S9 dan S9+ tahun ini, yang sudah dapat di pesan mulai 2 Maret nanti dan akan tiba di toko pada 16 Maret yang tidak memiliki banyak perbedaan dengan perangkat S8.

            Faktanya, Galaxy S9 dan S9+ sangan mirip dengan pendahulunya dan mereka benar-benar terasa sama. Pasangan S9 menjaga desain yang efisien dan atraktif dari S8, dengan panjang tambahan layar 18,5:9, pinggiran layar yang melengkung, dan bagian depan dan belakang yang terbuat dari kaca. S9 dan S9+ sama-sama menggunakan layar Super AMOLED 2960 x 1440 pixel resolusi, walaupun samsung mengatakan sedikit lebih terang tahun ini. Tidak kalah menarik, walaupun perangktanya terlihat dan terasa sama dengan model tahun lalu, mereka memiliki sedikit perbedaan di berat yang sedikit lebih berat, jadi jangan mengekspektasikan dapat menggunakan casing dari S8 di S9.

            Alasan lain anda tidak dapat menggunakan kembali casing yaitu ada perubahan eksterior yang besar, Samsung memindahkan letak pemindai sidik jari dari sebelah kanan dari kamera menjadi di bawah dari kamera, sehingga akan membuat sedikit lebih mudah dalam penggunaannya terutama di S9+. Walaupun itu bukan pemindai sidik jari yang tersemat di balik layar, tetapi tetap saja kita memiliki harapan untuk itu. Anda tidak dapat melihat perbedaan dari speaker baru S9, yang sekarang menghasilkan suara Stereo dan 40% lebih besar suaranya, berdasarkan klaim Samsung.

            Jika kalian mengikuti beberapa bocoran desain dari S9 yang hari ini di luncurkan, tidak ada sama sekali dari itu semua yang merupakan sebuah kejutan. Galaxy S9 berjalan dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 845, juga memiliki 4GB Ram untuk S9 dan 6GB Ram untuk S8+, dan memori internal 64GB dan slot untuk memori eksternal.

            Fitur baru yang sangat diunggulkan dari S9 adalah kamera yang baru, yang merupakan lensa tunggal untuk S9 dan lensa ganda untuk S9+. Kamera baru tersebut merupakan kamera pertama buatan Samsung yang mengusung aperture yang dapat diatur secara mekanik, yang dapat berubah antara sangat terang f/1.5 sampai lebih kecil f/2.4 tergantung dengan kondisi eksposur. Applikasi kamera dapat merubah apperture yang dibutuhkan atau anda dapat menggunakan fitur manual untuk merubahnya.

            Untuk tambahan dari aperture yang bisa diatur, sensor 12 MegaPixel kamera termasuk generasi kedua dari dual-pixel autofocus teknologi untuk lebih cepat dalam mencari focus.

            Kamera kedua dari S9+ tidak memiliki fitur apeture tetapi bekerja sama dengan Note 8 dual camera system. Lensa itu memiliki f/2.4 yang dapat membuat 2 kali lebih dekat dengan objek dari pada lensa sudut lebar dan dapat mengambil gambar dengan blurring effects.

            Terintegrasi dengan applikasi kamera yang baru, Samsung mengambil ide dari Iphone X Animoji, yang disebut dengan AR Emoji. Fitur itu dapat mengambil gambar dari muka anda menggunakan lebih dari 100 titik, dan dibentuk dengan custom 3D karakter. Applikasi tersebut kemudian membuat 18 stiker dalam bentuk GIV yang dapat di akses melalui keyboard pada saat chat. Anda dapat mengubah tampilan dari karakter dengan model rambut yang berbeda, kaca mata, dan lain-lain.

            Untuk perangkat lunak, Samsung membawa Android 8.0 Oreo kepada kedua perangkat, tetapi tetap saja tidak ada perubahan yang signifikan. Samsung menata ulang dari applikasi Bixby, yang notabennya dalam fitur kamera, yang sekarang dapat mengetahui berapa banyak kalori dari makanan dan menyediakan terjemahan yang Real-Time.

            Samsung S9 akan hadir di semua operator besar di amerika. Harga satuan untuk kedua model yaitu US$719.99 (Rp. 9.881.222,00) dan US$839.99 (Rp. 11.539.782,00). Untuk pilihan warna terdapat hitam, ungu, atau biru seperti yang di munculkan pada saat acara peluncuran. Pilihan warna lain mungkin akan tersedia nanti dalam tahun ini juga.

 

Jadi gimana Informatics? Kira-kira tertarikah kalian untuk mengganti perangkat kalian dengan S9 atau S9+?

 

Tim Jurnalis HMIF 2018

Sumber: The Verge

Klinik Komputer

Copyright © HMIF Universitas Diponegoro - 2018

Sekretariat : Gedung E Lantai 3, Fakultas Sains dan Matematika - Universitas Diponegoro, Semarang

hm@if.undip.ac.id | /InformatikaUndip

HMIF_Undip | @rrj9255d | HMIF_Undip

Contact Person : 0856 400 2189 (Hermawan Adi P.) - 0878 303 2778 (Zulfikar Aulia F.)

Afiliasi Lembaga

Profil HMIF

Lembaga FSM

Download Corner