Sejarah HMIF Undip

  22 May 2010

 

Sejarah Himpunan:

Jurusan Matematika Fakultas MIPA Undip pada tahun 2003, membuka program studi baru yaitu Statistik, kemudian disusul Teknik Informatika yang dibuka pada tahun 2004. Sebelum tahun 2006 ketiga program studi tersebut berdiri di bawah satu Himpunan Mahasiswa yaitu Himpunan Mahasiswa Matematika. Hingga pada tahun 2006 setelah melalui perjuangan yang cukup panjang berdirilah Himpunan Mahasiswa Ilmu Komputer atau biasa disingkat dengan HIMAKOM. Pembentukan HIMAKOM diawali dengan pembentukan dewan formatur. Dewan Formatur Mahasiswa Ilmu Komputer ini kemudian  melakukan lobbying ke pihak-pihak Birokrasi. Setelah lobi berhasil dilakukan, maka diadakanlah muktamar I yang hasilnya adalah pengesahan PPK, GBHP, dan AD/ART yang merupakan dasar dari sebuah organisasi. Untuk memilih ketua HIMAKOM maka dibentuk Komis Pemilihan Ilkom (KPI). Dari pemilihan tersebut terpilih Heru Winarno (Ilkom ’04) sebagai Ketua Umum HIMAKOM Undip periode 2006-2007.     

HIMAKOM Undip didirikan di kota Semarang pada tanggal 24 Juni 2006, berazaskan Pancasila, berlandaskan Tri Dharma Perguruan Tinggi Universitas Diponegoro dan kekeluargaan untuk mencapai mufakat yang bersifat ilmiah, professional, intelektual, kekeluargaan, dan relegius serta  berbasis teknologi informasi.

 

Nama HMIF Undip:

Nama himpunan kemudian berganti nama menjadi HMIF Undip melalui sidang istimewa pada tanggal 23 agustus 2010. Fungsi dari HMIF Undip itu sendiri yaitu sebagai media informasi, penyalur aspirasi anggota, tempat menempa diri untuk pemberdayaan kemampuan intelektual, daya cipta, rasa, kreasi, seni, pembentukan insan berteknologi, beriman dan bertaqwa.

Pada tanggal 12 Januari 2014, singkatan HMIF Undip berganti menjadi Himpunan Mahasiswa Informatika Undip pada sidang Muktamar IX yang bertempat di ruang sidang Informatika Undip. Metarmofosis tersebut tetap menjadikan HMIF Undip yang bercita-cita menjadi Himpunan Mahasiswa yang progresif, bermartabat, dan bermanfaat di tingkat nasional maupun internasional.

 

Tujuan dari HMIF UNDIP :


Tujuan Umum :
1.Pengembangan Teknik Informatika Universitas Diponegoro
2.Menjunjung tinggi nama almamater Teknik Informatika Universitas Diponegoro

Tujuan Khusus :
1.Pembentukan pola pikir mahasiswa
2.Peningkatan aktivitas kemahasiswaan
3.Peningkatan wawasan kemahasiswaan
4.Teraplikasikannya teknologi dan disiplin ilmu yang dimiliki oleh mahasiswa dalam kegiatan-kegiatan kemahasiswaan

 

HMIF Undip




Afiliasi Lembaga

Profil HMIF

Lembaga FSM

Download Corner