Seminar IT : Rise Your Imagination With AR And VR Technology

  19 Aug 2017

       Senja Lazuardy, Kepala TI di AR & Co, meninjau kembali pengetahuan dasar tentang Augmented Reality (AR). Seperti halnya perbedaan AR dan VR.  AR (Augmented Reality) sendiri membawa objek virtual/digital kedalam lingkungan nyata/reality sedangkan VR (Virtual Reality) membawa user masuk kedalam lingkungan digital/virtual. VR lebih berkembang karena lebih dulu ada ktimbang AR, sehingga teknologinya lebih mumpuni, sdangkan AR teknologinya masih terbatas (masih dalam tahap pengembangan teknologi).

AR pertama kali dikenalkan pada thun 1957 oleh Morton Helig dg alatnya yaitu sensorama mechine, lalu seiring berjalannya waktu AR telah berkembang dan diimplementasikan untuk berbagai bidang, seperti edukasi, medis, game, maps, dll.

Terdapat berbagai metode dalam AR :

  1. Marker Based Tracking, dengan bantuan penanda/kode aplikasi membaca kode tersebut dan merealisasikan objek menjadi 4D(apl artoolkit)
  2. Markerless, tanpa kode, dari gambar 2D langsung muncul gambr 4D nya (aplikasinya 2d planer)
  3. Face tracking, membaca kontur wajar dan menampilkan objek 4D dg mengikuti kontur wajah.
  4. Location based tracking , contohnya pokemon GO.

      Sementara itu, Ahmad Reza Rizki Yuda, Humas Octagon Studio, mempresentasikan tentang Virtual Reality atau lebih dikenal dengan VR. AR adalah teknologi yang menggabungkan objek virtual yang memiliki dua atau tiga dimensi menjadi lingkungan nyata tiga dimensi dan kemudian memproyeksikan benda virtual secara real time. Sedangkan, VR adalah teknologi yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan lingkungan yang disimulasikan oleh komputer. AR dan VR telah dimanfaatkan di berbagai bidang seperti pembuatan, hiburan, kesehatan dan pendidikan. Di bidang teknologi AR teknologi digunakan untuk CT scan atau MRI, di sektor pendidikan VR dapat digunakan sebagai simulator praktik bedah dokter atau sebagai simulator untuk mengoperasikan mesin pesawat terbang.

Reza mengatakan bahwa pada 2016, Mark Zuckerberg, pendiri Facebook, meramalkan tahun ini adalah tahun VR. "Teknologi ini telah berkembang dan kita bisa mendapatkan keuntungan dari Augmented Reality dan Virtual Reality," katanya. (* PR)

VR mengalami perkembangan pesat, contoh: dating with virtual avatar, game point ball VR.

Berikut adalah perkembangan VR :

- 3D

- prototype

- interactive design

- visual design

- motion

- audio

- research

 

 

Delegasi :

Yoga Pratama




Afiliasi Lembaga

Profil HMIF

Lembaga FSM

Download Corner