Tips Untuk Kalian Mahasiswa Baru Agar Sukses Akademik

  13 Jul 2017

Hal yang sangat menyenangkan adalah menjadi mahasiswa baru. Senangnya menjadi mahasiswa baru adalah ingin segera menikmati kehidupan mahasiswa yang lebih bebas, mencoba hal baru untuk mengembangkan diri dan belajar untuk mengatur hidup secara mandiri. Dengan kehidupan baru inilah terkadang membuat kita seperti sangat bebas hingga melupakan batasan, melakukan hal yang dianggap diri sendiri menyenangkan namun belum tentu hal itu baik, bahkan dapat mempengaruhi perkuliahan. Untuk itu agar kalian tetap di jalur yang benar, maka ada beberapa tips untuk menjemput kesuksesan akademik :

  1. Menghadap dosen wali, setidaknya satu semester 2 kali. Setiap jurusan atau fakultas di tiap universitas akan memberikan kepada tiap mahasiswa dosen wali. Dosen wali berkewajiban mengarahkan dan membantu para mahasiswa merancang arah studi mereka. Kepada dosen wali kalian dapat berkonsultasi mengenai hal – hal yang berhubungan dengan kuliah, seperti saat kamu bingung untuk mengambil mata kuliah tambahan atau untuk mengatur jadwal perkuliahan (bagi yang sibuk). Eits, tapi jangan lupa untuk memperkenalkan diri dahulu dengan sopan yaa..
  2. Jangan malas untuk duduk didepan, ada pepatah yang mengatakan posisi duduk menentukan prestasi, sebenarnya ada benarnya juga. Kebanyakan di masa ini orang kebanyakan anak kuliah datang lebih awal agar dapat duduk dibelakang, padahal hal ini salah besar. Kalau kamu duduk didepan maka kesempatanmu untuk mendengarkan penjelasan dosen lebih jelas sangatlah besar, jika kamu duduk dibelakang banyak setan penganggu yang suka ngajak kamu ngobrol bahkan menggodamu untuk tidur. Selain itu jika kamu mendengarkan penjelasan dosen biasanya akan teringat terus dikepalamu materi yang disampaikan, sehingga saat ujian nggak perlu belajar banyak banyak.
  3. Jangan sungkan bertanya, biasanya saat dosen menjelaskan ada hal-hal yang belum bisa kamu terima dan membuatmu bingung, nah kebiasaan anak zaman sekarang adalah menanyakan kebingunganmu itu ke teman sebelah dan belum tentu teman sebelah kamu tahu apa yang dijelaskan sama dosen kamu dan berujung kamu memendam rasa bingung kamu saat teman sebelah kamu tidak bisa menjawab pertanyaan kamu. Ubahlah kebiasaan ini, jangan sungkan untuk bertanya langsung kepada dosen, sayang dong kuliah bayar mahal tapi banyak bingungnya (hehe)
  4. Jangan malas mencatat, satu lagi kebiasaan mahasiswa saat ini yaitu malas mencatat, mereka lebih mengandalkan kamera smartphone mereka untuk memotret papan tulis yang berisi penjelasan dosen. Hal ini tidak baik, karena belum tentu dosen menulis semua penjelasannya di papan tulis yang kadang membuat kalian rancu saat belajar, dengan menulis manual penjelasan dosen dengan tangan ke buku kalian ini akan sangat bermanfaat karena kesempatan besar kamu mengingat materi yang disampaikan dosen dengan mudah.
  5. Belajar itu rutinitas, tentu tahulah belajar yang baik yaitu belajar yang rutin bukan kebut semalam. Dengan rutin belajar kamu dapat menyerap materi dengan efektif, dijamin dapet IP 4.00 deh
  6. Temukan zona nyaman belajar, kalau kamu nggak nyaman di kos kamu, cari tempat yang buat kamu nyaman dan semangat, bisa di cafe, workspace, atau numpang di kos temen yang menurut kamu nyaman. Hal ini sangat berpengaruh pada mood kamu dalam belajar
  7. Jangan Titip Absen, yaaa kamu sudah bayar mahal – mahal untuk kuliah agar kamu memahami bidang kamu, jika kamu titip absen maka kesempatan kamu untuk mendapatkan ilmu sangat kecil bahkan tidak ada. Jadi jangan lakukan hal ini, kalau kalian ngeyel tanggung sendiri akibatnya.

Yups itu tadi ada 7 tips buat kalian yang ingin sukses di perkuliahan kalian, khususnya dibidang akademik. Semoga kalian dapat menerapkannya dan dapat menoreh manfaatnya amiiin, satu lagi pertahankan semangat kalian sebagai mahasiswa baru yang berkobar – kobar, jangan samapai semangat ini hilang saat kalian menjadi mahasiswa tingkat akhir.

Sumber : http://www.hipwee.com/tips/calon-mahasiswa-baru-ini-9-hal-yang-perlu-kamu-perhatikan/




Afiliasi Lembaga

Profil HMIF

Lembaga FSM

Download Corner